Contoh Makalah Taqwa

 BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Manakala seorang manusia diberi pertanyaan mengenai hakikat hidup manusi, apa yang sebenar – benarnya menjadi tujuan akhir manusia hidup di dunia? Tentu setiap individu memiliki jawaban yang berbeda. Hal ini tergantung tingkat keilmuan, keimanan, keIslaman, dan keihsanannya.
Lalu, bagaimana kita mampu menemukan hakikat hidup manusia di dunia? Padahal kata Iman, Islam, dan Ihsan merupakan kata yang tidak asing bagi setiap muslim yang mendengarnya. Namun, bisa jadi mereka memiliki pemahaman yang berbeda atau bahkan tidak mengetahui sama sekali maksud dari kata – kata tersebut.
Menjadi pribadi yang sukses, adalah impian setiap manusia. Terlebih umat Islam, yang telah meyakini adanya kehidupan lain setelah di dunia. Ya, sukses dunia-akhirat. Itulah orientasi terbesar bagi setiap Muslim di dunia. Namun, kebanyakan dari mereka hanya mampu mengetahui dan mengorientasikannya secara teori dan hanya konsep belaka. Aktualisasi dalam kehidupan sangat sulit terwujud.
Maka, bersama kita akan membahas bagaimana jalan yang lurus, jalan yang mampu membawa kita menuju kesuksesan dunia-akhirat, yaitu Taqwa.
B. Rumusan Masalah
1. Apa pengertian taqwa?
2. Apa sajakah keutamaan orang yang bertaqwa?
3. Bagaimanakah sifat-sifat orang yang bertaqwa?
4. Bagaimanakah
5. Apa sajakah macam jalan menuju taqwa?
6. Apa sajakah pahala taqwa?
7. Bagaimana cara mengagungkan syi'ar Allah sebagai tanda     ketakwaan hati?
BAB II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Taqwa
Definisi Taqwa yang paling sederhana dan populer didengar adalah “Mematuhi perintah Allah dan menjauhi larangan-NYa”. Mengenai definisi lebih dalam, Taqwa berasal dari kata waqa-yaqi-wiqayah yang artinya memelihara, “memelihara diri dalam menjalani hidup sesuai tuntunan/ petunjuk Allah”. Adapun dari asal bahasa, taqwa lebih dekat dengan kata waqa yang bermakna melindungi sesuatu, memelihara dan melindunginya dari berbagai hal yang membahayakan dan merugikan. Taqwa pada dasarnya berarti menjaga diri dari hal-hal yang dibenci, karena kata taqwa berasal dari kata "الوقاية " al-wiqaayah (penjagaan).
Di dalam Al – Qur’an terdapat berbagai definisi mengenai taqwa. Menurut Al-Qur’an surah Al-Baqarah ayat 2-4, Allah berfirman:

Artinya: “Kitab (Al-Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertaqwa. (Yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib, yang mendirikan shalat dan menafkahkan sebagian rizqi yang Kami anugerahkan kepada mereka. Dan mereka yang beriman kepada Kitab (Al-Quran) yang telah diturunkan kepadamu dan kitab-kitab yang telah diturunkan sebelummu, serta mereka yang yakin akan adanya (kehidupan) akhirat”.


Jangan lupa Untuk Memberikan Komentar Di Bawah. Terimakasih

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »